Rabu, 12 Januari 2011

Masyarakat Awam Ternyata Sudah Mengenal Brand

Pernah dengan dengan apa yang istilah brand, istilah mungki lebih populer diera digital dan era komunikasi saat ini. Jika ada orang yang bilang saat ini adalah eranya digital dan era komunikasi sehingga masyarakat dulu mungkin tidak mengenal dengan istilah-istilah yang tak lazim dizamanya seperti kata "brand".
ternyata statement itu tidaklah sepenuhnya benar. Masyarakat kita sudah mengenal media promo dan brand dari dulu, cuman bedanya masih dengan sangat sederhana.
dulu seperti zaman kerajaan lebih banyak dikenal sebagai teliksandi (mata-mata sebagai pengirim pesan), ada juga dikenal pada istilah pengumuman seyambara, sebetulnya mungkin hal itu mungkin bisa dikatakan sebagai awal dari pandangan masyarakat betapa perlunya media promo.

Sempat beberapa saat yang lalu saya sedikit dipusingkan dengan pencarian space media promo.
mungkin pernah terdengar bahwa vandalisme atau corat-coret yang dilakukan oleh segilintir orang, tapi sekarang hal itu sudah berbeda, dari bakat corat-coret mereka bisa bernilai puluhan juta. Wall painting misalnya. Pada dasarnya sich sama, menciptakan imagi atau gambar sebagai sarana untuk menyampaikan pesan promo dari perusahaan. Dengan harapan gambar-gamar tersebut mampu menjadi penyampai pesan sehingga di desain se menarik mungkin sehingga menimbulkan perasaan penasaran pada khalayak ramai.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan media wall painting.
1. Strategis, letak merupakan kunci utama dalam keberhasilan media ini, ukuran
strategis ini bisa dari, sudut pandang, kemiringan, dan view image.
2. Kapasitas space, semakin besar space yang ada maka akan semakin bisa menarik
udience.
3. Kreatifitas desain yang ditampilkan dalam wall. Desain yang kreatif belum tentu
bisa diterima oleh kyalayak audience. terkadang idealisme seorang creator disini
perlu menjadi pertimbangan juga.
4. Conten atau materi promo yang disajikan.Kunci utama dari space ini adalah
keberhasilan dalam mencuri perhatian khalayak.
5. Budget. Penyesuaian dengan budget promo perusahaan adalah hal utama.

So buat temen-temen promo atau yang sejenisnya, kayak mahasiswa advertising, semua kembali pada kita semua, mau pakek wall painting atau pakek media digital untuk media promo.

Pada intinya semua media akan mampu disulap menjadi media promo, butuh kreatifitas dari kita untuk mengolahnya dan mensiasatinya.
Coba liat sesekali kita jalan atau hunting space, kalau diperhatikan hampir disetiap toko tradisional yang berada di pinggir jalan selalu ada tembok kosong yang berada diatasnya. Hal itu juga bisa menjadi bukti betapa meraka sudah memikirkan untuk membangun brand dari toko mereka.

Tidak ada komentar: